Rabu, 07 November 2012

TUGAS 1 > ILMU SOSIAL DASAR #


Tugas 1 >ILMU DASAR SOSIAL #

Dalam dunia pendidikan khususnya sebuah pergurauan tinggi akan menghasilkan tenaga ahli yang memiliki tiga jenis kemampuan yaitu:

a.Kemampuan personal/kemampuan kepribadian
b.Kemampuan Akademi
c.Kemampuan Profesional

Atas dasar tersebut, anda sebagai tenaga ahli di minta membuat sebuah argumentasi terhadap tiga kemampuan tersebut di atas?

Adapun format tugas berisi:

1.Data pribadi
2.Isi Tugas Tiga Kemampuan sebagai tenaga ahli
3.Target apa yang akan dicapai 5 tahun ke depan 


 -----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
1. Data Diri

Biodata Diri :
Nama                                       : Yudhi Kurniawan
Tempat / Tanggal Lahir             : Jakarta / 05 Januari 1990
Jenis Kelamin                           : Laki - Laki
Agama                                     : Islam
Usia                                         : 22 Tahun
Tinggi / Berat Badan                 : 185 cm / 90 kg
Alamat                                     : Jl. Pejuang Jaya Blok A No.43. Kelurahan Pejuang -
                                                  Kecamatan Medan Satria - Bekasi Barat, 17131
Status Pernikahan                     : Belum Menikah
Kewarganegaraan                    : Indonesia
Email                                       : yudhi90_kurniawan@yahoo.co.id

Pendidikan Formal :
2012 - sekarang : Universitas Gunadarma Fakultas Ilmu Komputer Jurusan Sistem Informasi,
                             Bekasi.
2008 - 2011       : Universitas Gunadarma Fakultas Teknologi Informasi Jurusan Manajemen
                             Informatika, Bekasi.
2005 - 2008       : SMA Taman Harapan, Bekasi.
2002 - 2005       : SMP Taman Harapan, Bekasi.
1996 - 2002       : SD Taman Harapan, Bekasi.


Pendidikan Non Formal :

Kursus Bahasa Inggris   : International English Course (IEC), Jakarta 2008.
                                       Zenith, Bekasi 2004.

Kursus Komputer          : Introduction to ORACLE:SQL and PL/SQL, Jakarta 2010.
                                       Introduction to wireless LAN installation, Jakarta 2010.



2. A. Kemampuan Personal
Kemampuan personal yang saya miliki salah satunya adalah bahasa inggris yaitu membaca dan menulis, saat ini memang dalam dunia kerja sangat dipergunakan sebagai syarat utama untuk melamar pekerjaan akan tetapi, ada juga perusahaan yang tidak begitu mengutamakan bahasa in ggris sebagai kandidat kuat dalam proses perekruitan. Adapun kemampuan lain yang saya miliki adalah dalam bidang komputer yaitu MS. Office (MS Word, MS Excel, MS Power Point), programming  language (Java j2me, Oracle, Wireless LAN). komputer pada umumnya memang telah mendarah daging dengan kehidupan kita sehari-hari contohya saat kita mengambil uang di ATM, sistem yang terdapat di dalam mesin ATM sudah menggunakan komputer. Adapun salah satu bagian dari komputer adalah Software dan Hardware.Software merupakan perangkat lunak dari komputer, contohnya adalah microsoft Office, Aplikasi-aplikasi/program, dll. Sedangkan Hardware merupakan perangkat keras dari komputer, contohnya adalah Hardisa, CPU, Motherboard, Mainboard, dll.

B. Kemampuan Akademik
Kemampuan akademik adalah hal mutlak yang harus dikuasai oleh mahasiswa di bangku kuliah. Kemampuan ini tak hanya didapatkan dari bangku kuliah saja, tetapi bisa didapatkan dari luar bangku kuliah seperti mengikuti sharing pengalaman sampai les tambahan. prestasi yang dicapai mahasiswa yang dinyatakan dengan nilai akhir untuk setiap kegiatan akademik dan indeks prestasi untuk kegiatan akademik dalam kurun waktu tertentu. Kebanyakan mahasiswa mempunyai persepsi bahwa suksesnya kuliah hanya dinilai dari besarnya Indeks Prestasi Akademik (IPK) saja. Mahasiswa seperti ini cenderung mengejar untuk menjadi mahasiswa teladan dalam artian mempunyai ipk yang benar-benar memuaskan. Selain kemampuan akademik, mahasiswa harus mengupayakan kemampuan softskill. Banyak yang mengungkapkan bahwa lulusan universitas yang dibutuhkan di dunia kerja adalah lulusan yang tidak hanya memiliki hardskills namun juga yang memiliki serangkaian softskill. Kegagapan para sarjana ketika harus terjun ke masyarakat  sebagia besar disebabkan rendahnya softskill yang dimiliki. Softskill memang tidak diperoleh di bangku kuliah  dan harus diasah sendiri oleh sarjana tersebut baik selama menjadi mahasiswa. Namun ada juga mahasiswa yang hanya mengasah kemampuan softskillnya saja dan tidak menghiraukan keterampilan akademiknya. Contohnya saja, seorang mahasiswa yang menyibukkan dirinya di organisasi kampus terkadang mendapat lebel dari masyarakat sebagai mahasiswa abadi dikarenakan ia hanya mengurus urusan-urusan organisasi yang ia ikuti. Kemampuan akademik yang saya peroleh yaitu

C. Kemampuan Profesional
Sampai saat ini belum ada kemampuan profesional yang saya capai, akan tetapi ada beberapa materi yang saya mengerti meskipun tidak semua.


3. Target 5 Tahun Kedepan
Target saya dalam 5 tahun kedepan yaitu dapat lulus S1 tepat waktu dan melanjutkan S2 sambil bekerja, karena buat saya pendidikan itu tetap no 1, adapun planning saya untuk kedepannya adalah ingin mencoba bisnis dalam bidang kuliner atau elektronik dan bahkan bisa kedua-duanya. Disana saya bisa belajar sambil bekerja dan saya juga dapat menghasilkan lapangan pekerjaan, karena angka jumlah pengangguran di indonesia sangat tinggi. Saat ini lulusan diploma atau sarjana banyak yang menganggur, banyak faktor yang menyebabkan hal itu terjadi salah satunya tidak ada pengalaman bekerja (freshgraduate). Akan tetapi ada juga lulusan diploma dan sarjana setelah lulus langsung mendapatkan pekerjaan, ya bisa dikatakan tergantung keberuntungan orang tersebut. Terus berusaha dan berdo'a jangan pernah putus asa, karena kata "menyerah " tu hanya untuk manusia yang lemah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar