Senin, 12 November 2012

Mukjizat

"KEPADA masing-masing (golongan), baik (golongan) ini (yang mendinginkan dunia) maupun (golongan) itu (yang menginginkan akhirat), Umiberikanbantuandankemurahan Tuhanmu. Dankemurahan Tuhanmu tidakdapat dihalangi." (QS. 17/Al-Isro`: 20)

Segala sesuatu yang dikehendaki Allah SWT pasti terjadi, sebaliknya apa yang tidak dikehendaki-Nya mustahil ada. Demikian pula dengan kemampuan-kemampuan luar biasa yang dimiliki oleh manusia, besar atau kecil, baik atau buruk, bemanfaat atau tidak berguna, terjadi atas izin dan kekuasaari-Nya. Kemampuan- kemampuan luar biasa yang dimiliki oleh manusia tersebut, dapat digolongkan dalam: (a) Mukjizat; (b) Keramat; (c) Ma`unah; (d) Istidraj; dan (e) Sihir.

Mukjizat

Mukjizat adalah sesuatu yang luar biasa yang dilakukan oleh nabidan rosul atas izin Allah SWT untuk menjawab tantangan dari musuhnya. "Tidak ada hak bagi seorang rosul mendatangkan suatu bukti mukjizat) melainkan dengan izin Allah." (QS. 13/Ar-Ro`du: 38) "Tidak ia seorang rosul membawa mukjizat, kecuali seizin Allah. Maka apabila telah datang perintah Allah, (untuk semua perkara) diputuskan dengan di Dan ketika iturugilah orang-orang yang berpegang kepada yang batil." (QS. 40/Al-Mukmin: 78)

Suatu kejadian yang dapat dikatakan mukjizat, apabila:

=> terjadi di luar kebiasaan;
=> dilakukan oleh seorang nabi atau rosul;
=> menjawab tantangan dari orang-orang kafir yang meragul kenabian atau kerosulannya; dan
=> dan tidak dapat ditandingi oleh manusia manapun.

Fungsi mukjizat yang diberikan oleh Allah SWT kepada paii nabi atau rosul-Nya, adalah:

=> sebagai bukti bahwa pemiliknya benar-benar seorang nabi ata rosul Allah SWT;
=> menambah wibawa nabi atau rosul; dan
=> mengalahkan tantangan para musuhnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar