Selasa, 16 Oktober 2012

Ilmu Sosial Dasar dalam sosiologi

Bab. I  Pendahuluan
Manusia adalah sosok makhluk ciptaan tuhan yang hakikatnya diciptakan tidak bisa hidup sendiri, manusia membutuhkan manusia yang lain untuk bisa hidup, bahkan untuk urusan yang sekecil apapun, oleh karena itu manusia disebut juga sebagai makhluk sosial.
Seorang manusia perlu melakukan sosialisasi yang baik dan benar terhadap lingkungannya, agar masyarakat dalam lingkungan tersebut dapat lebih mudah untuk menerima atas kehadirannya dengan baik.
Sosialisasi merupakan suatu proses pendekatan dan penyesuaian diri terhadap sekelompok masyarakat dalam suatu wilayah / lingkungan. Ilmu yang mempelajari mengenai sosialisasi adalah ilmu sosiologi, ruang lingkup sosiologi lebuh fokus mempelajari mengenai masyarakat, perilaku masyarakat, dan perilaku sosial manusia.
Ilmu sosiologi termasuk sebagai salah satu ilmu sosial yang memiliki keterkaitan dengan ISD ( Ilmu Sosial Dasar). Oleh karena itu, dalam makalah ini akan membahas dan menguraikan tentang ilmu sosial dasar dalam sosiologi.

Bab. II  Pembahasan
II.I Ilmu Sosial Dasar
Ilmu Sosial Dasar adalah suatu pengetahuan yang menelaah masalah – masalah sosial yang timbul dan berkembang, yang diwujudkan oleh masyarakat dengan menggunakan pengertian – pengertian yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan dalam ilmu – ilmu sosial lainnya, seperti psikologi , antropologi, dll.
Ilmu Sosial Dasar bukan merupakan perpaduan dari ilmu – ilmu sosial lainnya, karena masing – masing ilmu sosial memiliki disiplin dan objek – objek metode ilmiah yang berbeda – beda.
Ilmu Sosial Dasar bukan juga merupakan disiplin ilmu tersindiri, karena ilmu sosial dasar tidak mempunyai objek dan metode ilmiah tersendiri dan juga tidak mengembangkan suatu penelitian sebagaimana suatu disiplin ilmu seperti ilmu sosial lainnya. Ilmu Sosial Dasar merupakan suatu bahan studi atau program pengerjaan yang khusus dirancang untuk kepentingan pendidikan / pengajaran.

II.II Ruang Lingkup Ilmu Sosial Dasar
Pembahasan mengenai Ilmu sosial dasar berada dalam beberapa ruang lingkup, yang diantaranya :
  1. Mengenai fakta permasalahan yang terdapat dalam masyarakat
  2. Konsep dasar dari konsep – konsep sosial diperlukan untuk mempelajari setiap permasalahan sosial yang terdapat dalam masyarakat yang dibahas dalam Ilmu pengetahuan sosial.
  3. Perbedaan masalah – masalah sosial yang terjadi di masyarakat
Ilmu Sosial Dasar terdiri dari 8 Pokok Bahasan, dari kedelapan pokok bahasan tersebut maka ruang lingkup perkuliahan Ilmu Sosial Dasar diharapkan mempelajari dan memahami adanya :
1. Berbagai masalah kependudukan dalam hubungannya dengan perkembangan masyarakat dan kebudayaan.
2. Masalah individu, keluarga dan masyarakat.
3. Masalah pemuda dan sosialisasi
4. Masalah hubungan warga Negara dan Negara
5. Masalah pelapisan sosial dan kesamaan derajat
6. Masalah masyarakat perkotaan dan pedesaan
7. Masalah pertentangan-pertentangan sosial dan Integrasi
8. Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.
           
II.III Sosiologi      
Sosiologi merupakan salah satu cabang dari ilmu sosial yang fokus dalam membahas mengenai hubungan sosial antar manusia, baik individu yang melakukan suatu sosialisasi terhadapat suatu kelompok, ataupun kelompok terhadap individu.
Dalam proses sosialisasi tersebut, pasti terdapat Interaksi sosial yang muncul. Menurut Herbert Blumer, Interaksi Sosial adalah pada saat manusia bertindak terhadap sesuatu atas dasar makna yang dimiliki sesuatu tersebut bagi manusia. Kemudian makna yang dimiliki sesuatu itu berasal dari Interaksi antara seseorang dengan sesamanya
Sosiologi memiliki sifat hakikat atau karakteristik sosiologi :
  1. Merupakan ilmu sosial, bukan ilmu kealmaan ataupun humanoria
  2. Bersifat empirik – kategorik, bukan normative atau etik, artinya sosiologi berbicara apa adanya tentang fakta sosial secara analitis, bukan mempersoalkan baik – buruknya fakta sosial tersebut. Bandingkan dengan pendidikan agama atau pendidikan moral.
  3. Bersifat ilmu pengetahuan yang bersifat umum, artinya bertujuan untuk menghasilkan pengertian dan pola – pola umum dari interaksi sosial antar manusia dalam masyarakat
  4. Merupakan ilmu pengetahuan murni, bukan ilmu pengetahuan terapan
  5. Merupakan ilmu pengetahuan yang abstrak, atau ilmu pengetahuan yang bersifat teoristis.
II.IV Ruang lingkup Sosiologi
Sebagai ilmu pengetahuan, sosiologi mengkaji lebih mendalam pada bidangnya dengan cara bervariasi. Misalnya seorang sosiolog mengkaji dan mengamati kenakalan remaja di Indonesia saat ini, mereka akan mengkaji mengapa remaja tersebut nakal, mulai kapan remaja tersebut berperilaku nakal, sampai memberikan alternatif pemecahan masalah tersebut. Hampir semua
gejala sosial yang terjadi di desa maupun di kota baik individu ataupun kelompok, merupakan ruang kajian yang cocok bagi sosiologi, asalkan menggunakan prosedur ilmiah.
Ruang lingkup kajian sosiologi lebih luas dari ilmu sosial lainnya. Hal ini dikarenakan ruang lingkup sosiologi mencakup semua interaksi sosial yang berlangsung antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, serta kelompok dengan kelompok di lingkugan masyarakat.

Kesimpulan
            Pada dasarnya Ilmu sosial dasar dengan sosiologi memiliki ruang lingkup permasalahan yang sama, yaitu mengenai proses sosial. Dalam ilmu sosiologi, permasalahan sosial yang dibahas lebih spesifik yaitu mengenai suatu bentuk Interaksi Sosial yang dilakukan suatu individu kepada kelompok begitupun sebaliknya kelompok kepada individu.
Sementara Ilmu Sosial Dasar, karena ilmu sosial yang paling dasar  oleh karena itu dalam ilmu ini menelaah permasalahan sosial bukan dari suatu objek hasil dari penelitian sendiri melainkan dari permasalahan sosial yang terjadi didalam ilmu sosial lainnya, seperti salah satunya adalah permasalahan sosial yang dibahas dalam Ilmu sosiologi yang kemudian dari berbagai macam permasalahan tersebut dikembangkan menjadi suatu ilmu pengetahuan yang pembahasan awalnya spesifik menjadi secara umum.

DAFTAR PUSTAKA

http://aero-7.blogspot.com/2011/10/definisi-ilmu-sosial-dasar.html
http://laluilmi.blogspot.com/2009/12/ilmu-sosial-dasar-sebagai-salah-satu.html
http://id.m.wikipedia.org/wiki/Sosiologi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar