Minggu, 05 Mei 2013

kasus hubungan antara anak & ibu yang menjelaskan bahwa anak tersebut sedang berselisih dengan ibunya selama bertahun-tahun karena ibu tersebut yang menyebabkan hubungan anaknya hancur dengan teman dekatnya.

Komentar terhadap kasus tersebut :
Menurut saya, sebaiknya konflik antara ibu dengan anak seharusnya tidak terjadi yang mana permasalahannya timbul dari orang terdekat si anak tersebut. Sebagai anak harusnya patuh terhadap kebijakan ibu yang memang tidak menyetujui hubungan tersebut yang menjadi permasalahannya adalah perbedaan agama antara anak tersebut dengan teman dekatnya. Menurut kacamata agama jika anak tidak patuh dengan ibunya maka anak tersebut tidak akan mendapatkan keberkahan dalam hidupnya apalagi sampai memusuhinya selama bertahun-tahun.
Solusi Analisis terhadap kasus tersbut :
Pada kasus ini, unit mempunyai segi-segi yang tidak bias berjalan bersama-sama, maka terjadilah ketegangan (tension) dan timbullah tekanan yang mendorong untuk mengubah kognitif sedemikian rupa sehingga tercapai keadaan seimbang. Jika diaplikasikan P adalah rasa memiliki Indah terhadap anaknya yaitu Putri, dan ini merupakan hubungan yang positif. Namun, Indah tidak menyukai Herlambang sebagai suami Putri dan ini merupakan hubungan yang negatif dan juga merupakan pilihan dari Putri. Maka keadaan ini menjadi tidak seimbang, karena unit-unit ini mempunyai segi-segi yang tidak bisa berjalan bersama-sama, maka terjadilah ketegangan (tension) pada Indah. Sehingga timbulah tekanan yang mendorong Indah untuk mengubah organisasi kognitif sedemikian rupa sehingga tercapai keadaan yang seimbang. Untuk mengembalikan pada keadaan seimbang, Indah dapat melakukan kemungkinan-kemungkinan sebagai berikut, yaitu :
• Indah sayang terhadap Putri tetapi tidak suka pilihan Putri
yaitu Herlambang, maka Indah membuat Putri agar tidak menyukai Herlambang.
• Indah beranggapan bahwa Putri adalah anak yang tidak patuh dan
juga tidak berbakti kepada orang tua.
• Indah menganggap bahwa Herlambang merupakan pilihan atau pasangan
yang terbaik untuk Putri.
• Indah menganggap bahwa Putri memilih Herlambang karena ada faktor lain,
mungkin berupa pelet atau juga Herlambang memaksa Putri harus menikah dengannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar