1. Jelaskan Pengertian, tujuan dan ruang lingkup dari IBD ?
A. Pengertian IBD :
Ilmu Budaya Dasar merupakan pengetahuan yang diharapkan
dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang
konsep-konsep yang diekembangkan untuk mengkaji
masalah-masalah manusia dan kebudayaan. IBD dikembangkan
petama kali di Indonesia sebagai pengganti istilah basic
humanitiesm yang berasal dari istilah bahasa Inggris “the
Humanities”. Adapun istilah humanities itu sendiri berasal
dari bahasa latin humnus yang artinya manusia, berbudaya
dan halus. Dengan mempelajari the humanities diandaikan seseorang
akan bisa menjadi lebih manusiawi, lebih berbudaya dan lebih
halus. Dengan demikian bisa dikatakan bahwa the
humanities berkaitan dengan nilai-nilai manusia sebagai homo
humanus atau manusia berbudaya. Agar manusia menjadi
humanus, mereka harus mempelajari ilmu yaituthe humanities
disamping tidak meninggalkantanggungjawabnya yanglain sebagai manusia
itu sendiri.
B.Tujuan IBD :
Tujuan dasar dari IBD ini tidak lain adalah untuk
memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep
yang dikembangkan untuk mengkaji berbagai persoalan budaya serta
persoalan yang dihadapi manusia. Selain itu IBD tidak bermaksud
menggambarkan disiplin ilmu yang merujuk hanya satu bidang saja,
melainkan mengambarkan berbagai disiplin ilmu termasuk di dalamnya
pengetahuan budaya (the humanities). Di samping itu, IBD turut serta
dalam pengembangan kerpibadian bagi kita yang mempelajarinya. Dengan
mempelajarinya kita memperoleh banyak wawasan dan pemikiran. Sehingga
dengan begitu kita bisa menjadi lebih kritis terhadap nilai-nilai
budaya, baik yang menyangkut diri kita, orang lain mapun alam sekitar
kita.
C.Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar
Bertitik tolak dari kerangka tujuan yagn telah
ditetapkan, dua masalah pokok bisa dipakai sebagai bahan
pertimbangan.
1. Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan
ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat
didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya (the
humanities), baik dari segi masing-masing keahlian
(disiplin) didalam pengetahuan budaya, maupun secara
gabungan (antar bidang) berbagai disiplin dalam pengetahuan
budaya.
2. Hakekat manusia yang satu atau universal, akan
tetapi yang beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan
masing-masing jaman dantempat.
Contoh penerapan Ilmu Budaya Dasar dalam kehidupan sehari- hari :
a. Contoh kecilnya adalah komunikasi antar keluarga,
pergaulan kita terhadap teman, yang mungkin kita dapat mengetahui
bagaimana kita dapat memahami sifat dan karakteristik setiap orang.
Begitupun dalam bermasyarakat, dalam interaksi kita harus memahami
norma- norma dalam masyarakat agar tercipta keharmonisan dalam kehidupan
bermasyarakat
b. Contoh luas nya penerapan Ilmu budaya dasar dalam
kehidupan manusia seperti dalam aspek bersikap dalam kehidupan yang
berbeda beda sehingga kita dapat menempatkan diri pada situasi apapun
yang akan kita hadapi. Dalam penerapan ilmu ini factor pendukungnya
antara lain adalah agama atau kepercayaan kita terhadap tuhan, dimana
dalam agama itu sendiri kita sudah pasti diajarkan bagaimana kita harus
menjaga interaksi kita terhadap tuhan dan sesama manusia, agar tercipta
hubungan yang harmonis dalam kehidupan. Inti dari ilmu budaya dasar
dalah kehidupan bermasyarakat, yaitu sejauh apa ilmu budaya dasar dapat
mempengaruhi sikap dan tata cara kita dalam bermasyarakat. Bila kita
sudah mempunyai dasar yang kuat, dapat diyakini bahwa kita akandapat
membawa diri dalam masyarakat.
2. Jelaskan pengertian dari kebudayaan, unsur-unsur kebudayaan, wujud kebudayaan, orientasi nilai kebudayaan ?
A.Pengertian Kebudayaan :
Kebudayaan dalam bahasa Inggris disebut culture. Kata
tersebut sebenarnya berasal daribahasa Latin = colere yang berarti
pemeliharaan, pengolahan tanah menjadi tanahpertanian. Dalam arti kiasan
kata itu diberi arti “pembentukan dan pemurnian jiwa”.Sedangkan kata
budaya berasal dari bahasa Sansekerta yaitu kata buddayah. Katabuddayah
berasal dari kata budhi atau akal. Manusia memiliki unsur-unsur potensi
budayayaitu pikiran (cipta), rasa dan kehendak (karsa). Hasil ketiga
potensi budaya itulah yangdisebut kebudayaan. Dengan kata lain
kebudayaan adalah hasil cipta, rasa dan karsamanusia dalam memenuhi
kebutuhan hidupnya
B.Wujud kebudayaan :
Dari uraian yang telah Anda baca di atas mengenai tujuh
unsur kebudayaan yang bersifatuniversal sebenarnya wujudnya bagaimana?
Wujud kebudayaan dapat dibedakan menjaditiga bagian yaitu:
1.Wujud gagasan
Budaya dalam wujud gagasan/ide ini bersifat abstrak dan
tempatnya ada dalam alam pikirantiap warga pendukung budaya yang
bersangkutan sehingga tidak dapat diraba atau difoto.Sistem gagasan yang
telah dipelajari oleh setiap warga pendukung budaya sejak dini
sangatmenentukan sifat dan cara berpikir serta tingkah laku warga
pendukung budaya tersebut.Gagasan-gagasan inilah yang akhirnya
menghasilkan berbagai hasil karya manusiaberdasarkan sistem nilai, cara
berfikir dan pola tingkah laku. Wujud budaya dalam bentuksistem gagasan
ini biasa juga disebut sistem nilai budaya
2. Wujud perilaku (aktivitas)
Budaya dalam wujud perilaku berpola menurut ide/gagasan
yang ada. Wujud perilaku inibersifat konkrit dapat dilihat dan
didokumentasikan (difoto dan difilm). Contoh: Petanisedang bekerja di
sawah, orang sedang menari dengan lemah gemulai, orang sedangberbicara
dan lain-lain.Masing-masing aktivitas tersebut berada dalam satu sistem
tindakan dan tingkah laku.
3.Wujud benda hasil budaya
Semua benda hasil karya manusia tersebut bersifat
konkrit, dapat diraba dan difoto.Kebudayaan dalam wujud konkrit ini
disebut kebudayaan fisik. Contoh: bangunanbangunanmegah seperti
piramida, tembok cina, menhir, alat rumah tangga seperti kapak
perunggu,gerabah dan lain-lain.
C. Unsur-unsur Kebudayaan
7 unsur kebudayaan universal :
1.Menurut koentjaraningrat ada tujuh unsurkebudayaan universal, yaitu sebagai berikut;
a.Sistem kepercayaan
b.Sistem nilai dan pandangan hidup
c.Komunikasi keagamaan
d. Upacara keagamaan
2.Sistem kemasyarakatan atau organisasi social yang meliputi;
a.Kekerabatan
b. Asosiasi dan perkumpulan
c.Sistem kenegaraan
d. Sistem kesatuan hidup
e. Perkumpulan
3.Sistem pengetahuanmeliputi pengetahuan tentang;
a.Flora dan fauna
b.Waktu, ruang dan bilangan
c.Tubuh manusia dan perilaku antar sesama manusia
4. Bahasa yaitu alat untuk berkomunikasi berbentuk :
a.Lisan
b.Tulisan
5.Kesenian yang meliputi :
a.Seni patung/pahat
b.Relief
c.Lukisan dan gambar
d.Rias
e.Vokal
f.Musik
g.Bangunan
h.Kesusastraan
i.drama
6.Sistem mata pencaharian atau sistem ekonomi yang meliputi :
a.Berburu dan mengumpulkan makanan
b.Bercocok tanam
c.Peternakan
d.Perikanan
e.Perdagangan
7.Sistem perlatan hidup dan teknologi yang meliputi :
a.Produksi, distribusi, transportasi
b.Peralatan komunikasi
c. Peralatan konsumsi dalam bentuk wadah
d.Pakaian dan perhiasan
e.Tempat berlindung dan perumahan
f.Senjata
D.Orientasi Nilai Budaya
Kluckhohn dalam Pelly (1994) mengemukakan
bahwa nilai budaya merupakan sebuah konsep beruanglingkup luas
yang hidup dalam alam fikiran sebahagian besar warga suatu
masyarakat, mengenai apa yang paling berharga dalam hidup. Rangkaian
konsep itu satu sama lain saling berkaitan dan merupakan sebuah sistem
nilai – nilai budaya.
Secara fungsional sistem nilai ini mendorong individu untuk
berperilaku seperti apa yang ditentukan. Mereka percaya, bahwa
hanya dengan berperilaku seperti itu mereka akan berhasil (Kahl, dalam
Pelly:1994). Sistem nilai itu menjadi pedoman yang melekat erat secara
emosional pada diri seseorang atau sekumpulan orang, malah merupakan
tujuan hidup yang diperjuangkan. Oleh karena itu, merubah sistem nilai
manusia tidaklah mudah, dibutuhkan waktu. Sebab, nilai – nilai tersebut
merupakan wujud ideal dari lingkungan sosialnya. Dapat pula
dikatakan bahwa sistem nilai budaya suatu masyarakat
merupakan wujud konsepsional dari kebudayaan mereka, yang seolah –
olah berada diluar dan di atas para individu warga masyarakat itu.
E. PERUBAHAN KEBUDAYAAN
Pengertian perubahan kebudayaan adalah suatu keadaan
dalam masyarakat yang terjadi karena ketidak sesuaian diantara
unsur-unsur kebudayaan yang saling berbeda sehingga tercapai keadaan
yang tidak serasi fungsinya bagi kehidupan.
Contoh :
Masuknya mekanisme pertanian mengakibatkan hilangnya
beberapa jenis teknik pertanian tradisional seperti teknik menumbuk padi
dilesung diganti oleh teknik “Huller” di pabrik penggilingan padi.
Peranan buruh tani sebagai penumbuk padi jadi kehilangan pekerjaan.
Semua terjadi karena adanya salah satu atau beberapa unsur budaya yang
tidak berfungsi lagi, sehingga menimbulkan gangguan keseimbangan didalam
masyarakat. Perubahan dalam kebudayaan mencakup semua bagian yaitu :
kesenian, ilmu pengetahuan, teknologi dan filsafat bahkan perubahan
dalam bentuk juga aturan-aturan organisasi social. Perubahan kebudayaan
akan berjalan terus-menerus tergantung dari dinamika masyarakatnya.
F. KAITAN MANUSIA DAN KEBUDAYAAN
Hubungan manusia dengan kebudayaan adalah :
Manusia sebagai perilaku kebudayaan. Kebudayaan merupakan
objek yang dilaksanakan manusia. Dalam sosiologi manusia dan kebudayaan
dinilai sebagai dwitunggal, maksudnya bahwa walaupun keduanya berbeda
tetapi keduanya merupakan satu kesatuan. Manusia menciptakan kebudayaan,
dan setelah kebudayaan tercipta maka kebudayaan mengatur hidup manusia
agar sesuai dengannya. Tmpak bahwa keduanya akhirnya merupakan satu
kesatuan.
Dosen : Dosen Asri Wulan
Nama : Yudhi Kurniawan
Npm : 19112048
Kelas : 4KA34
Sumber artikel :
JackpotCity Casino Site – Get Up To C$1600 - LuckyClub
BalasHapusJackpotCity Casino site offers you hundreds of online casino games to play. luckyclub.live Check the games, live casino, bingo, live casino and more. Sign up today!